Selasa, 02 November 2010

Jalan-jalan ke Petaling Street dan Petronas Twin Tower I

Dua hari lalu saya pergi ke KL untuk menjemput mertua dan adik ipar yang berlibur ke Malaysia. Dengan dana terbatas, inginnya sih dapat tempat menginap yang cukup menyenangkan dan bisa jalan-jalan ke beberapa tempat penting di Kuala Lumpur. Targetnya adalah Jalan Petaling, Petronas Twin Tower Sky Bridge, dan Petrosains.

Jalan Petaling adalah jalan berkumpulnya pedagang kaki lima souvenir. Harganya sangat miring dibandingkan tempat lain. Contoh gantungan kunci yang harganya RM 5 di tempat lain, di jalan ini bisa didapatkan dengan harga RM 1 saja sebuahnya. Selain itu kaos, tas imitasi, jam imitasi, juga banyak dijual di sini. Sayangnya hanya buka dari jam 6 sore sampai jam 10 malam.

Petronas Twin Tower Sky Bridge adalah jembatan yang menghubungkan kedua menara kembar Petronas. Tiketnya diberikan percuma alias gratis. Tempat masuknya masih di dalam KLCC yang merupakan tempat bagi petrosains juga. Selain petrosains, juga ada Dino trek dan wahana lainnya.

Oke, perjalanan standar kalau dari semua daerah di Malaysia atau yang dari luar negeri, pergi saja ke KL Sentral yaitu stasiun kereta api terbesar di Malaysia. Kalau dari Bandara naik Aerobus atau Sky bus dengan ongkos hanya RM 8 – 9. Dari KL Sentral kami harus menuju hotel The Zon on The Park yang terletak dekat Kuala Lumpur City Center (KLCC).

Naik bis adalah pilihan yang murah karena tiket bis yang dibeli bisa dipakai lagi untuk bepergian ke tempat lain pada hari yang sama. Harga tiket bis per orang adalah RM 2. Sayangnya bis menuju ke KLCC datangnya tidak dapat ditebak. Kadang harus menunggu lebih dari setengah jam untuk mendapatkannya. Kasus saya, sudah menunggu lama tidak datang juga jadi harus memikirkan alternatif angkutan lain.

Dari KL Sentral ke KLCC juga bisa ditempuh dengan LRT Kelana Jaya. Tiketnya berharga RM 1.6. LRT adalah pilihan transportasi ke KLCC yang paling cepat. Perjalanan ditempuh dalam waktu yang kurang dari 15 menit. Menunggunya pun ga lama, cuma sekitar 5 menitan saja. Tapi kalau bawa barang banyak ke hotel, tentu lebih gampang pakai taksi. Apalagi The Zon ini letaknya agak jauh dari terminal bis ataupun LRT. Taksi dari KL Sentral ke hotel The Zon hanya RM 10 saja, tapi kalau ada tas yang ditaruh di bagasi perlu tambahkan RM 1 setiap tas.

The Zon adalah hotel termurah di dekat KLCC. Bisa pilih yang satu kamar atau dua kamar. Biasanya yang dua kamar dilengkapi dengan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Saran saya, booking kamarnya melalu sistem reservasi online dari situs hotel the Zon, harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan agen perjalanan atau bahkan datang langsung ke hotel.

Kenapa pilih hotel ini? Pertama tadi, hotel termurah di sekitar KLCC. Terus ada dapur yang bisa dipakai untuk masak sendiri, terutama kalau anda mau tinggal lama. Dapur dengan kompor gas, rice cooker, pemasak air listrik, microwave, kulkas, dan peralatan makan yang lengkap. Sarapan diberikan gratis. Ada kolam renang yang lumayan buat anak-anak. Dekat Masjid Asy Syakirin. Pemandangannya juga langsung ke taman KLCC dan bisa melihat menara petronas langsung dari kamar.

Pada saat kami datang, kamar belum siap. Memang sih waktu check in adalah jam 2 siang sedangkan kami datang jam 1 siang. Jadi kami pergi dulu ke taman bermain anak di Taman KLCC sambil saya pergi sholat jum’at. Selesai sholat kami ke hotel dan kamar sudah siap.

Tidak seperti hotel berbintang empat lainnya, lobby hotel kecil saja. Mungkin hanya sekitar 70 meter persegi. Masih kalah besar dengan ruang 2 kamarnya yang 145 meter persegi. Karena pengunjungnya banyak, maka kadang kita ngga terlalu diperhatikan juga. Setidaknya pas saya check in dan check out, selalu ada pelanggan yang menunggu taksi yang datangnya terlalu lama. Malah, ada pelanggan yang diminta berjalan saja ke jalan raya yang jaraknya sekitar 300 dari lobby. Bayangkan kalau tamunya bawa barang besar, banyak, dan berat.

Gang menuju lift atau kamar juga tidak besar. Mungkin hanya cukup untuk 2 orang berpapasan saja. Kalau dibandingkan dengan gang di replica inn, ngga beda jauh lebarnya. Kata orang sih kurang nyaman. Liftnya juga kecil, hanya ada dua di tiap bagian. Lift hanya cukup untuk 9 orang. Tapi kan kita ngga tinggal di lift hehehe.

Kamar cukup besar, ada ruang kosong yang lega untuk sekedar sholat dalam kamar. Atau kalau mau gelar kasur supaya bisa muat lebih banyak orang juga bisa. Kamar mandinya kecil, tapi masih lebih besar daripada hotel di jalan Petaling. Mungkin karena ada bath tubnya. Tapi bath tub terlihat tua karena warnanya sudah agak gelap. Secara kebersihan sudah bagus karena di bawah kasur ngga ada kotoran. Saya pernah menginap di hotel berbintang lima, terkaget-kaget karena di bawah kasurnya banyak debu, sampah, dan bekas makanan. Di The Zon ini lumayan bersih.

Kamar  Utama The Zon

Kamar Utama The Zon

Oh iya, karena cukup luas, 145 meter persegi, maka dua kamar juga cukup besar. Ditambah lagi seperti yang saya sampaikan tadi, ada dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Kalau mau bawa bahan mentah makanan juga bisa, atau beli bahan mentahnya di KLCC.

Ruang Tamu

Ruang  Makan

Ruang Makan

Dapur

Dapur

Kolam renang ada 3, 2 yang rendah, dan 1 yang dalam. Satu buah kolam renang ada fasilitas seperti ombak, yang kalau dipakai anak-anak cukup menghibur. Kayaknya sih kolam renang ini buat orang dewasa berendam ya, biar ada sensasi semburan air dari bawah. Tapi karena sudah diokupasi oleh anak-anak, jadi ngga ada orang dewasa yang main ke sini hehehe.

Ada juga ruang bermain untuk anak-anak. Ada mainan tempel-tempelan, menggambar dan aktivitas lainnya. Seharusnya sih gratis untuk pengunjung, sayang saya belum sempat coba karena terpepet waktu.

Restoran lumayan lengkap. Ada makanan melayu dan barat. Kalau sarapan, lebih baik datang lebih pagi misalnya di bawah jam 8 karena hotel ini sering dipakai orang yang pelatihan. Jadi pas dekat jam 8 tuh, ramenya minta ampun.

Makanan utama versi melayu bisa berganti-ganti. Kadang nasi goreng, nasi putih, atau dari mi-mi an. Nasi lemak juga disediakan. Agak beda denga Puteri Pacific yang menyediakan Nasi lemak setiap hari saat saya menginap di sana. Jus buah standar dan susu segar juga disediakan. Buah-buahan cukup lengkap.

Apa lagi ya? Kayaknya sudah cukup banyak. Tulisan tentang jalan-jalannya akan saya sampaikan dalam tulisan yang lain. Terlalu banyak kalau semua dimasukkan dalam satu tulisan. Foto? He he he, bandwidth terbatas nih, kalau upload foto, habis deh. Untuk foto silahkan lihat di situsnya trip advisor.

sumber:http://www.schoolofuniverse.com/2009/06/jalan-jalan-ke-petaling-street-dan-petronas-twin-tower-i/